Sharing Knowledge And Information

Apa Saja Boleh

Ads Here

Jumat, 28 Juni 2013

Tumbuhan Jago Matematika


Arabidopsis thaliana



yang udah belajar fotosintesis waktu sekolah pasti udah tahu, hasil dari fotosintesis tumbuhan salah satunya adalah karbohidrat atau zat tepung. Pemanfaatan zat tepung dilakukan tumbuhan dari pagi hingga matahari terbit kembali untuk pertumbuhannya, pada malam hari tumbuhan tidak melakuan fotosintesis.
Agar tak  mengalami 'kelaparan' pada malam hari mereka menyetok (store) zat tepung sedemikian rupa,dengan jam tubuh (inner clock)  tumbuhan memperkirakan jumlah stock zat tepung hingga matahari terbit dan dalam menyetok zat tepung waktunya tak boleh kecepatan nanti pada malam harinya mereka akan kekurangan  atau kelamaan karena nanti akan bersisa, harus pas banyaknya.
Bila sampai kekurangan pada malam hari proses pertumbuhannya akan terganggu dan walaupun matahari telah terbit butuh waktu agak lama agar "recover" lagi.
Beberapa ahli mencoba mengakali tumbuhan penelitiannya dengan menggunakan cahaya buatan pada malam hari, hebatnya mereka dapat menyesuaikan diri dengan mengkalkulasi ulang penggunaan zat tepung dan perkiraan waktu, sejauh ini para ahli belum mengetahui bagaimana tumbuhan mengatur itu semua yang mirip perhitungan aritmetika yang rumit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar